Macam-Macam Bidang Desain di Dunia IT

Graphic Designer

Pekerjaan yang pertama ini memiliki tugas mendesign poster, brosur, banner, dan media cetak lainnya. Mereka inilah yang mengatur dari sisi gambar, teks, jenis font untuk menghasilkan suatu grafis yang bagus sebagai bentuk komunikasi visual diantara pemilik pesan dan khalayak yang dituju. Aplikasi yang mereka gunakan biasanya seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan Corel Draw. Nah apakah seorang graphic design bisa terlibat dalam pekerjaan web? tentu saja bisa. Seorang Graphic Designer bisa saja membuat sebuah layout untuk halaman web seperti landing page, berupa banner, menu, search box, content body serta footer website dengan menggunakan Photoshop atau Illustrator.

Namun orang yang mengkonversi menjadi halaman HTML dan CSS adalah kerjaan seorang web designer. Biasanya di perusahaan – perusahaan besar ataupun kecil lebih banyak merekrut orang bisa graphic design sekaligus web designer juga. (mungkin untuk mengirit biaya perusahaan).

Web Designer

Nah tugas seorang web design itu membuat halaman web (cangkangnya doang loh), membangun struktur HTMl=L dan CSS dan mengatur layoutnya juga seperti tata letak menu, banner, teks, dan posisi konten. Di design secara antik menggunakan pemrograman HTML dan CSS seakan – akan sudah menjadi suatu website yang utuh. Tugas dari webdesigner ini termasuk memastikan website yang dibuat bagus secara visual.

User Interface (UI) Designer

UI Designer ini memiliki tugas gak jauh beda dengan web designer, terkadang si designer sendiri suka mengklaim dimana dia bekerja menamakannya sebagai UI Designer. Namun bila web designer hanya mengerjakan pekerjaan website saja, UI Designer mencakup interface aplikasi smartphone atau software interface. Secara umum penerapan yang dilakukan web designer pada halaman web dan interface designer pada interface aplikasi atau software adalah sama.

User Experience (UX) Designer

Tugas UX Designer ini bertanggung jawab pada sisi pengalaman yang dialami oleh user pada saat mengakses suatu sistem. Sistem tersebut bisa dikatakan sebuah website, aplikasi website, atau aplikasi smartphone. Sebagai contoh pada saat user mengakses website, apakah mereka akan mudah menggunakan dan menyerap informasi yang bermanfaat pada website atau aplikasi kita. Apakah efisien atau membingungkan untuk pengguna. Pada saat pengguna membeli suatu produk di situs marketplace apakah emreka mengerti mengenai prosedur pemesanan atau pembayaran pada situs tersebut. Pada saat user mengisi form cukup hanya beberapa langkah atau malah memakan waktu. Ini semua adalah beberapa contoh pekerjaan yang harus diselesaikan oleh seorang UX Designer.

Jadi tuntutan terkini terhadap suatu website adalah website yang berpusat pada user (user-centered design) bukan pada selera designernya atau kemauan dan selera pemilik.

Front End Developer

Front end developer bertanggung jawab pada website di sisi implementasi HTML, CSS dan Javascript. Mereka ini lah yang bekerja atas tuntutan supaya website terlihat bagus, artistik secara visual tapi lebih ke sisi fungsionalnya. Bagaimana supaya pengguna mudah mendapatkan sebuah informasi yang dibutuhkan, tool-tips yang informatif, slide banner promosi yang efektif, ini semua dalam implementasinya dilakukan oleh front end developer.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *